Monday, January 9, 2017

Pengertian feature, jenis jenis feature dan contoh feature dalam jurnalistik



Pengertian feature, jenis jenis feature dan contoh feature dalam jurnalistik
Feature adalah salah satu Produk Jurnalistik yang masuk dalam keluarga Penulisan Pendapat.  Selain itu Feature juga merupakan keluarga dari soft news karena tidak memiliki tenggat waktu dalam proses pembuatannya. 

Pengertian feature itu sendiri adalah artikel kreatif terkadang bersifat subjektif, yang bertujuan untuk membuat senang dan memberikan informasi kepada pembaca tentang suatu kejadian, keadan, atau aspek kehidupan.
 
Dengan demikian, feature memiliki fungsi sebagai berikut :
·         Melengkapi sajian berita langsung (straight news)
·         Memberikan informasi terhadap suatu situasi, keadaan, peristiwa, yang terjadi
·         Menghibur dan mengembangkan imajinasi
Dalam perjalanannya feature mempunyai lima karakteristik, yaitu :


  • ·        Kreatif, feature memungkinkan penulis menciptakan sebuah cerita (dengan teknik berkisah) dan tentu saja bukan cerita fiktif (karena feature tetap menggunakan fakta yang ada dalam penulisannya).

  • ·         Subjektif, memungkinkan penulis memasukan emosi dan pikirannya dalam tulisan, penulis bisa mengungkapkan rasa haru, gembira, marah, yang membuat pembaca ikut merasakan apa yang ingin disampaikan oleh penulis.

  • ·         Informatif, meskipun feature terkadang tidak memiliki nilai berita, tapi feature merupakan tulisan yang didalamnya memiliki informasi yang berdasarkan dengan fakta tentang suatu situasi, peristiwa, atau aspek lainnya.

  • ·         Menghibur, feature memberikan keleluasaan kepada penulis dalam menulis feature, namun tetap berdasarkan data, fakta dan bersifat eksklusif.

  • ·         Awet, feature merupakan jenis soft news yang tidak memiliki tenggat waktu dalam penulisannya. Dengan kata lain kapanpun feature itu diterbitkan, feature selalu menarik untuk dibaca.

Terdapat enam jenis feature menurut Wolseley dan Campball

  • ·         Feature Human Interest, adalah jenis feature yang biasanya langsung menyentuh hati pembacanya, karena biasanya penulis menuangkan emosinya dalam jenis feature ini, pembaca menyalurkan emosinya dalam tulisan yang kemudian ditularkan kepada pembaca. Tips membuat feature human interest yang baik adalah, penulis harus membuat cerita yang inspiratif dan memberikan manfaat yang positif kepada pembaca setelah ia membaca tulisan penulis. Pembaca harus mendapatkan hikmah dari tulisan yang penulis buat.
  • ·         Feature Biografi ‘Profil’, adalah feature yang menceritakan tentang profil seseorang, biasanya dilakukan dengan cara mewawancarai narasumber yang ingin ditulis profilnya. Tips dalam menulis feature biografi adalah cobalah menceritakan sesuatu yang baru, yang belum pernah ditulis oleh seseorang.
  • ·         Feature perjalanan, adalah feature yang menuliskan kunjungan penulis ke suatu tempat. Dalam feature perjalanan unsure subjektif sangat terlihat, karena penulis terlibat langsung dalam peristiwa atau perjalanan yang akan dituliskan menjadi sebuah feature. Biasanya menggunakan sudut padang orang pertama ‘aku’ ‘saya’ dan ‘kami’. Tips membuat feature perjalanan yang baik adalah dengan mendeskripsikan tempat sedetail mungkin, mulai dari transportasi yang bisa digunakan, biaya masuk tempat wisata, kondisi jalan menuju lokasi wisata, hingga kuliner yang ada di tempat wisata yang akan dijadikan sebuah feature perjalanan.
  • ·         Feature sejarah, adalah tulisan tentang peristiwa di masa lalu. Dalam membuat feature sejarah, penulis harus melakukan riset mendalam dan menemukan sumber referensi yang kompeten (ahli sejarah) dan kredibel (bisa dipercaya).

  • ·         Feature ilmiah, adalah feature yang dimuat dalam jurnal-jurnal ilmiah atau majalah yang memiliki karakteristik tertentu. Dalam menulis feature ilmiah, penulis harus betul betul menguasai bidang yang akan dituliskanya. Feature ilmiah memiliki sifat yang serius dan kurang menghibur, biasanya isi dari feature ilmiah adalah penemuan baru, kajian mendalam tentang suatu hal, kebijakan, dst.

  • ·         Feature petunjuk praktis, adalah feature yang menuliskan tentang petunjuk dalam melakukan sebuatu, misalnya feature tentang ‘bagaimana menghilangkan jerawat dalam waktu singkat’. Tips dalam menulis feature petunjuk praktis adalah penulis harus memberikan jawaban dari pertanyaan pembaca. Misalnya, pembaca ingin mengetahui bagaimana cara menghilangkan virus di laptop, maka penulis harus mampu menuliskan step by step bagimana cara menghilangkan virus di laptop secara jelas. Hingga pembaca merasakan manfaat dari tulisan yang dibuat.


Tipe news feature atau sidebars:
·      Personality sketches, jenis feature ini ditulis untuk melengkapi berita utama (hardnews), berisi perkenalan seorang public figure yang mampu mencuri perhatian public.
·      Reaction sidebars, adalah reaksi pembaca terhadap ucapan pajabat negara, atau terhadap suatu peristiwa, atau tanggapan terhadap pendapat seorang ahli.
·    Empathy sidebars, adalah jenis feature yang melukiskan pengaruh dari sebuah berita utama (hardnews) yang dipaparkan dalam bentuk feature human interest.
·    The mood sidebars, adalah jenis feature yang mengungkapkan suasana hati (mood) dengan menonjolkan orang yang terlibat di dalamnya, serta tanda-tanda yang jarang terlihat namun lazim (hasil observasi penulis).

1 comment:

Pengertian feature, jenis jenis feature dan contoh feature dalam jurnalistik

mbahdongeng410.blogspot.com Pengertian feature, jenis jenis feature dan contoh feature dalam jurnalistik Feature adalah salah satu P...