Monday, January 14, 2019

Pengalaman menjadi Mitra Go massage dan cara daftar gojek


Pengalaman Menjadi Mitra Go Massage – Gojek Indonesia
Hallo teman-teman apa kabar nih ?? semoga baik-baik aja yah. Balik lagi sama aku, Rani. Kali ini aku bakal bahas pengalaman menjadi Mitra Gojek Indonesia, khususnya Go Massage. Waktu itu aku daftar go massage sekitar awal tahun 2018. Daftarnya melalui web Gojek Indonesia. Ga susah sih cuma disuruh isi data diri, pengalaman kerja dsb lah yah. Bisa buka langsung webnya di https://www.go-jek.com/go-massage/join/
 Terus setelah beberapa lama, akhirnya ada sms dari gojek yang mengajak aku untuk ikut training go massage di klender.

Dalam sms itu tertera tanggal dan jam kita training, serta nomer kontrak trainer kita. Langsunglah aku menghubungi trainerku untuk janjian. Waktu itu kalau gak salah hari senin sekitar jam 9 aku sudah sampai di stasiun klender, lalu melanjutkan perjalanan ke alamat yang di tuju menggunakan gojek. Alamatnya susah susah gampang di cari, karna aku gapernah ke daerah situ si hehe.
Dan sesampainya aku disana, ekspektasi yang tak sesuai realita hehe. Dalam pikiranku tempat trainernya bagus, ber AC ada kasur-kasur untuk refleksi, trainernya pakai baju rapih dll. Ternyataaaaa, Cuma sebuah rumah kontrakan ukuran 3x6, polos gak ada barang apa apa, Cuma tikar memanjang dan bantal-bantal. Agak serem tempatnya karna kurang meyakinkan gitu, jadi takut sendiri. Terlebih aku disana datang sendiri dan belum ada peserta lain. Akhirnya aku tanya ke pos satpam apa benar itu tempat training go massage ? katanya iya, benar. Huft syukurlah ku kira ku kena tipu wkwkw.
Akhirnya aku masuk dan belum ada peserta lain, padahal itu sudah set 10. Bu Tuti (trainer) menyapaku dan memintaku mengisi data diri. Sambil nunggu teman yang lain, beliau cerita-cerita tentang sepak terjangnya mengenai refleksi, ternyata beliau juga merupakan talent Go massage. Namun karna rating dan jam terbang yang bagus beliau diminta untuk menjadi trainer Go massage. Dan beliau juga bilang kalau ini hanya kontrakan sementara aja buat training. Owh gituuuu toh….
Setelah gak berapa lama, datang teman-teman telent go massage lainnya. Dan kita memulai sesi test, dimana kita diminta untuk memijat sesama rekan go massage selama satu jam. Bu Tuti hanya melihat saja, kalau ada yang salah nanti dibenarkan oleh beliau. Setelah test selesai, kita diminta isi data keahlian dan berfoto menggunakan baju Go massage, untuk foto profil kita di aplikasi Go massage. Tidak lupa membawa keperluan seperti SKCK untuk melengkapi data kita.
Setelahnya beliau memberikan arahan dan pemberitahuan mengenai go massage, alur kerjanya, komisi, dan segala macamnya. Sekitar 4 jam aku berada disana dan kemudian kami pulang. Tapi kami belum tau apakah diterima atau tidak menjadi mitra Go massage.
Seminggu kemudian, aku mendapat sms dari Gojek bahwa aku diterima Go massage dan di minta untuk ketemu ka ovi untuk membeli seragam dan mengisi form perjanjian kerja dengan Gojek Indonesia. Lalu kita diminta untuk mendownload aplikasi Golife mitra dan memasukan no hp dan password yang sudah di setujui. Tapi kita belum bisa on boarding (mulai bekerja menggunakan aplikasi) sebelum ada pemberitahuan persetujuan perjanjian kerja dari gojek, yah kira-kira kita masih harus nunggu tiga hari lagi buat bisa bekerja.
Setelah permohonan di setujui barulah akun kita aktif dan kita mengisi saldo gopay driver untuk bisa melakukan pekerjaan kita. Untuk cara mengisi saldo Gopay, bisa melalui Alfamart, konter pulsa penyedia topup saldo Gopay dan melalui ATM / M-banking.
Akhirnya aku bisa bekerja sebagai Go Massage Indonesia. Tapi aplikasi ini hanya berlaku di wilayah tempat tinggal kita saja. Misalkan, kita berdomisili di Jabodetabek, nah aplikasi ini hanya bisa kita gunakan di Jabodetabek saja, jadi misalkan kita sedang ke luar kota, contohnya jogja, kita gabisa gunakan aplikasi Go Massage kita  selama di Jogja. Karena itu bukan wilayah tempat tinggal kita.
 Selain itu untuk Hp yang digunakan juga tidak bisa berganti-ganti Hp. Jadi, pada saat pendaftaran, jika hp A yang kita daftarkan, maka kita tidak bisa menjalankan aplikasi Go massage di hp B. Untuk proses pergantian hp, Mitra harus mengajukan dan mengisi form penggantian Hp di kantor Gojek Indonesia, yang berada di Blok M.
Untuk prospek kerjanya, yaaah lumayan, mungkin kalau kita ready setiap saat, kita bisa mendapatkan hasil yang banyak dari Go massage. Namun, untuk aku yang sambil kuliah kerja part time dan hanya bisa buka aplikasi saat malam, lumayan juga sih, tapi kadang sepi, kadang juga rame hehe.
Disini juga ada grup Whatsapp antar terapis lainnya dan BP yang menaungi terapis. Kalau BPku namanya Mom Home Spa. BP ini fungsinya untuk mengontrol terapis, memberikan informasi, menjembatani hubungan antara mitra dengan kantor pusat gojek, dan juga memberikan training kepada mitra.
Plus minusnya adalah plusnya ada kerjaan freelance untuk mahasiswa sepertiku, mendapat pengalaman di dunia yang baru, mendapat teman baru, dan mendapat penghasilan tambahan tentunya hehe. Kalau minusnya, orderan sering error, apalagi setiap upgrade aplikasi, pasti susah dapet customer, terus orderannya kadang banyak kadang sedikit, tapi semuanya tetap harus di syukuri yah teman-teman. hehe 
Oke teman-teman segitu dulu info dariku, semoga bermanfaat yahh hehe. I hope you like it !!! J

No comments:

Post a Comment

Pengertian feature, jenis jenis feature dan contoh feature dalam jurnalistik

mbahdongeng410.blogspot.com Pengertian feature, jenis jenis feature dan contoh feature dalam jurnalistik Feature adalah salah satu P...