Monday, January 14, 2019

Penyebab telat menstruasi

Hallo temen-teman balik lagi dengan aku, Rani. kali ini aku mau sharing pengalamanku tentang masalah wanita, yaitu siklus menstruasi yang tidak teratur. Temen-temen pernah gak sih ngalamin telat datang bulan ? kalau telatnya sehari dua hari mungkin masih wajar yah, nah tapi kalau telatnya sampai satu atau dua bulan pasti khawatir banget dong. Dan inilah yang aku khawatirkan saat itu (saat belum tau penyebabnya).
Memang sih ya, siklus menstruasi setiap wanita beda-beda. Untuk rentan normal kisaran 21-35 hari dengan waktu menstruasi sekitar 3hari-7hari. Siklus haid yang lancar biasanya sama setiap bulannya, namun ada juga sih saat-saat dimana haid datang terlambat. Menstruasi terlambat biasanya disebabkan oleh stress karna pekerjaan, atau jadwal kegiatan yang berubah dari biasanya.
Beberapa penyebab lain telatnya datang bulan, diantaranya :

  •          Stress


Kebanyakan dari masalah telatnya datang bulan pada wanita diakibatkan karna stres. Apalagi bagi wanita yang bekerja, stress sangat mudah sekali terjadi. Beban pekerjaan dan tuntutan membuat stress berkepanjangan. Nah, pada saat kita mengalami stress hormon yang mengatur siklus menstruasi, yaitu hipotamalus akan terganggu. Oleh sebab itu kita disarankan untuk terus menjaga pola makan, mengubah gaya hidup, rajin berolahraga. Dan jangan lupa liburan girlllll.

  •          Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan juga dapat memicu telatnya datang bulan loh girl. Kurangi makan-makanan berlemak, atur jam dan menu makan malammu, jangan malas berolahraga gilssss semangat singset!!!

  •          Penurunan Berat Badan


Penurunan berat badan secara drastis juga dapat memicu terlambat datang bulan, boleh si diet tapi jangan ketat ketat girl kasian cacing cacing di perutmu nanti kurang gizi hehe. Dietlah dengan teratur dan dengan anjuran ahli gizi atau instruktur gym mu.

  •          Menggunakan alat kontrasepsi


Kalo kamu sudah menikah dan menggunakan alat KB hal ini mungkin saja terjadi yah gils. Kalo belum menikah kaya aku gimanaaa?????

  •          Kehamilan

Buat kalian yang sudah menikah mungkin akan sangat bahagia, namun buat yang belum menikah ??? wah ketar-ketir nih hehe.

  •          Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)


PCOS adalah kondisi dimana kelainan pada hormon dan sistem metabolisme sehingga fungsi indung telur terganggu. Kondisi ini dapat menyebabkan menstruasi terlambat atau tidak menstruasi sama sekali. Ciri-ciri penderita PCOS adalah tidak menstruasi, berjerawat, berat badan bertambah drastis. Nah gils, dulu dokter (puskesmas) mendiaknosaku terkena PCOS karna aku telat datang bulan hingga 3 bulan lamanya. Tapi sebelumnya aku di test pack dulu apakah aku hamil atau tidak, dan hasilnya negative. (yaiyalah wong aku belum nikah, hamil ama siapa coba?).

  •          Masalah Tiroid


Kelenjar tiroid berfungsi mengatur metabolism tubuh. Jika hormon ini tidak bekerja dengan baik, menstruasi pun bisa terganggu. Nah, kalo dokter (rumah sakit) mendiaknosaku memiliki masalah tiroid, karna leher sebelah kananku agak membengkak, karna aku dulu pernah didiagnosa memiliki limpoma. Tapi pas di rongen gak ada sih masalah pada tiroidku, dan limpoma itu hanya dugaan aja hehe. Leherku gak papa ternyata hanya timbunan lemak yang menggumpal dan gak ada masalah serius yang harus di tangani.
Tapi dokter masih mencari penyebab kenapa aku ga haid sampai 3 bulan ini, akhirnya dilakukanlah rongen di bagian rahimku. Dan hasilnyaaa…..
Hasilnya aku ga kenapa-napa gils. Ku juga bingung dan deg-degan juga, takut terjadi apa-apa dengan diriku huhu. Dokter bilang ini hanya masalah hormonal biasa. Dia bilang aku terlalu stress, terlalu banyak yang difikirkan dan kurang curhat (eh tapi ini curhat hehe) gapapa dikitlah yah hehe.
Dan ternyata curhat ini penting yah gils, jangan memendam masalahmu sendiri, kamu ga akan kuat, biar aku saja haha.
Setelah itu aku diberikan obat untuk perangsang hormon, dan dokter bilang apabila obat sudah habis dan belum juga haid, aku dianjurkan kembali lagi untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dan Alhamdullilah nya, baru sekali aku minum obat besoknya bulan yang kutunggu tunggu pun datang. Aku menstruasi huhu terharu akutuh, seneng bukan main soalnya gils.
Nah, itulah ceritaku tentang telat datang bulan, sampai sekarang pun aku masih suka telat datang bulan dan masih sering kontrol ke dokter. Kata dokter aku harus sering kontrol untuk terus update keadaanku dan agar nanti pas nikah tidak susah punya anak. So, kalo temen-temen punya nasib yang sama sama aku, ku saranin jangan malu berbagi masalah dengan orang terdekat dan yang mampu kalian percaya, curhat denganku juga boleh hehe. Selain itu temen-teman juga harus mencatat tanggal menstruasi agar temen-temen bisa mengukur apakah menstruasi temen-temen normal atau tidak. Dan terakhir kalau merasa menstruasinya tidak normal segera kedokter biar cepat ditangani dan tidak waswas, karna mencegah lebih baik dari pada mengobati kan girlllllll.

Oke segitu dulu cerita dariku, semoga bermanfaat dan mampu menjawab kegelisahanmu gils, hope you like itttttt, bye bye!!!!

No comments:

Post a Comment

Pengertian feature, jenis jenis feature dan contoh feature dalam jurnalistik

mbahdongeng410.blogspot.com Pengertian feature, jenis jenis feature dan contoh feature dalam jurnalistik Feature adalah salah satu P...